Selasa, 07 Juni 2011

Pengertian Isokhorik, Isobarik, Isotermal dan Adiabatik


Nama : Rahmi Aulia
Kelas : XI IPA 3
Sekolah : SMA PUSAKA 1 JAKARTA

ISOKHORIK
Sebuah proses isokhorik, juga disebut-proses volume konstan, proses isovolumetric, atau proses isometrik, adalah sebuah proses termodinamika yang selama itu volume dari sistem tertutup menjalani proses tersebut tetap konstan. Dalam istilah non-teknis, proses isokhorik dicontohkan oleh pemanasan atau pendinginan dari isi wadah non-mampudeformasi bersegel: Proses termodinamika adalah penambahan atau pemindahan panas; isolasi dari isi kontainer menetapkan sistem tertutup; dan ketidakmampuan wadah untuk merusak memaksakan kondisi volume-konstan.

ISOBARIK
Sebuah proses isobarik adalah proses termodinamika di mana tekanan tetap konstan. Istilah ini berasal dari ISO Yunani, (sama), dan Barus, (berat).

ISOTERMAL
Proses isotermal adalah suatu perubahan dari suatu sistem, di mana suhu tetap konstan: T Δ = 0. Ini biasanya terjadi ketika suatu sistem berada dalam kontak dengan reservoir panas luar ( mandi panas ), dan perubahan terjadi perlahan cukup untuk memungkinkan sistem untuk terus-menerus menyesuaikan diri dengan suhu reservoir melalui panas pertukaran.

ADIABATIK
proses adiabatik atau proses isocaloric adalah suatu proses termodinamika di mana tidak ada panas yang ditransfer ke atau dari kerja fluida . Istilah "adiabatik" secara harafiah berarti dilalui, berasal dari akar Yunani -("tidak"), δι-("melalui"), dan βανειν ("untuk melewati"); etimologi ini sesuai di sini untuk tidak adanya perpindahan panas . Sebaliknya, sebuah proses yang melibatkan perpindahan panas (penambahan atau kehilangan panas ke lingkungan) umumnya disebut diabatic. Meskipun istilah adiabatik dan isocaloric sering dapat dipertukarkan, proses adiabatik dapat dianggap sebagai bagian dari proses isocaloric ; sisanya melengkapi subset dari proses isocaloric sedang proses di mana perpindahan panas bersih tidak menyimpang regional seperti dalam kasus ideal dengan medium termal tak terbatas konduktivitas atau kapasitas termal tidak ada.


3 komentar:

Dimas Dwi Sapoetro mengatakan...

thank's kaka...... Tambahin grafiknya dong ka. Kalo bisa sama rumusnya

Wahyu Handoko Uchiha mengatakan...

Numpang Copy.. hehe.. saya lupa arti dari Proses2 Tersebut, Terimakasih banyak Saudara Rahmi

Mulki Zaki Zain Ray Nugroho mengatakan...

terimakasih kaka bermanfaat sekali. terimakasih banyak

Poskan Komentar